Football Index

Dalam dunia perjudian, hanya sedikit yang jatuh dari kasih karunia yang ekstrim seperti yang diderita Football Index. Situs ini awalnya dibuat sebagai semacam pasar saham pemain sepak bola, memberikan orang kesempatan untuk membeli ‘saham’ pemain sepak bola dan dibayar tergantung pada penampilan mereka. Pada akhirnya, itu selalu merupakan platform perjudian, tetapi itu adalah platform yang menjual dirinya sendiri karena lebih mirip dengan bursa saham.

Selain dapat membeli dan menjual saham pemain, penumpang juga menerima pembayaran dividen saat pemain tampil baik atau memenuhi metrik tertentu lainnya. Selama musim 2019-2020, misalnya, pembayaran ini berjumlah lebih dari £ 11 juta. Perusahaan mensponsori kaos Queens Park Rangers dan Nottingham Forest, tetapi mereka masuk ke administrasi pada Maret 2021 dan para petaruh kehilangan banyak uang sebagai akibatnya.

Indeks Kebangkitan Sepak Bola

Adam Cole, pendiri Football Index, memulai Electric Video, sebuah perusahaan yang mengerjakan video pra-rekaman dan kemudian DVD, yang dia jual kepada Richard Desmond. Selain itu, Cole juga membuat MyVillage, situs web yang memungkinkan orang mendaftar restoran, bar, dan layanan lain yang tersedia di Inggris Raya. Dia kemudian meluncurkan Indeks Sepakbola melalui BetIndex Limited pada Oktober 2015.

Untuk memulai platform di pasar yang sangat kompetitif, Cole dan timnya mendapatkan investasi senilai £ 1,92 juta dari Burlywood Capital, yang merupakan anak usaha dari Mark Blandford, yang telah mendirikan SportingBet. Dia terkesan dengan orang-orang yang dimiliki oleh Football Index untuk mengembangkan bisnis, jadi dia mengizinkan mereka untuk mempertahankan kendali atas bisnis tersebut dan melepaskannya.

Bagaimana Semuanya Dimulai

Ide awalnya sederhana: memungkinkan orang untuk membeli dan menjual saham pemain sepak bola menggunakan uang sungguhan. Anda dapat menginvestasikan uang secara efektif ke dalam pengembangan pemain di masa depan, menjual investasi Anda kepada orang lain untuk mendapatkan keuntungan saat nilainya naik. Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan uang dari Buzz Chart, yang memantau status pemain di berita setiap hari, menerima dividen sebagai hasilnya.

Ini memulai kehidupan dengan nilai dasar 1.000 poin, membebankan komisi 2% atas penjualan sebagai cara menghasilkan uang. Dimiliki oleh Index Labs, yang sebelumnya dikenal sebagai Fame Ventures, mereka memilih untuk menyelenggarakan tawaran crowdfunding untuk mengumpulkan £ 800.000 dengan imbalan 15,10% ekuitas, yang mereka capai. Dengan lebih dari 13.000 pengguna langsung dalam setahun, platform ini terbukti sangat populer di kalangan penumpang.

Ambisi utama Cole adalah mengubah olahraga dan selebriti menjadi ‘aset yang dapat diperdagangkan’, dimulai dengan sepak bola karena popularitas olahraga tersebut. Di Inggris Raya saja sekitar £ 17 miliar dipertaruhkan, menunjukkan bahwa ada banyak ruang bagi perusahaan untuk berkembang. Dalam beberapa tahun, jumlah pengguna telah meningkat menjadi 100.000 atau lebih, dengan lebih dari £ 1 diperdagangkan dalam satu hari.

Penawaran Pendukung & Sponsor Terkenal

Begitu Indeks Sepakbola mulai lepas landas, keputusan dibuat untuk menyebarkan pesan tentang apa yang tersedia untuk penumpang. Komentator sepak bola terkenal, John Motson, didatangkan untuk menjadi wajah perusahaan, muncul di iklan radio dan televisi selama musim 2018-2019. Jurnalis Spanyol, Guillem Balague, juga bergabung dan menjadi pembawa acara trader, diikuti oleh jurnalis Jerman, Raphael Honigstein pada 2019.

Sponsor klub sepak bola Bristol Rovers dan Nottingham Forest dimulai pada 2018, dengan Queens Park Rangers ditambahkan ke daftar itu dua tahun kemudian. Perusahaan juga mulai mensponsori acara Jim White di TalkSport pada tahun 2019, dengan presenter, yang terkenal sebagai pembawa acara Sky Sports Deadline Day di Sky Sports News, secara teratur memuji kebaikan platform tersebut kepada para pendengarnya.

Langkah untuk menjadikannya topik perbincangan yang populer di media segera memberi kesan bahwa itu adalah kombinasi dari Fantasy Football dan versi pasar saham yang lebih menyenangkan. Sifat perusahaan yang hampir selalu hadir di dunia sepak bola menawarkan rasa kredibilitas, membuat banyak orang menginvestasikan ribuan dan bahkan puluhan ribu pound ke dalam pengembangan portofolio Indeks Sepakbola mereka.

Bagaimana Itu Bekerja

Indeks Sepak Bola dirancang agar tampak serupa dengan pasar saham normal, dengan nilai komoditas naik atau turun bergantung pada seberapa baik kinerjanya. Sementara sesuatu seperti British Gas atau nilai Amazon mungkin naik berkat peningkatan pengguna, komoditas yang dimainkan di dunia Indeks Sepak Bola adalah pemain sepak bola kehidupan nyata. Jika mereka bermain bagus, mencetak gol, atau mendapat transfer, nilai mereka akan naik.

Selain harga saham yang ditentukan berdasarkan kinerja pemain, pengguna platform juga menerima pembayaran dividen ketika pemain yang mereka miliki memiliki saham dalam metrik tertentu. Gol yang dicetak, assist yang diraih atau clean sheet yang dipertahankan akan menghasilkan dividen yang dibayarkan, seperti halnya pemain yang dibicarakan di media arus utama karena satu dan lain alasan.

Fakta bahwa pengguna menghasilkan uang, dalam jumlah besar dalam beberapa kasus, berarti bahwa mereka segera mulai mendorong teman dan keluarga untuk terlibat dengannya juga. Pasar tampaknya hanya akan naik, seperti yang ditemukan oleh pengguna yang menggandakan uangnya dalam empat bulan dan menghabiskan lebih banyak tabungannya sambil memberi tahu teman dan keluarganya bahwa mereka akan marah untuk tidak menginvestasikan uang mereka juga.

Dimanakah Kesalahannya?

Salah satu faktor utama kehancuran Indeks Sepakbola adalah kenyataan bahwa begitu banyak pengguna tampaknya berpikir bahwa itu dalam kondisi keuangan yang baik di bulan-bulan dan minggu-minggu sebelum semuanya berantakan. Pada awal Juni 2020, misalnya, Adam Cole mengungkapkan pendapat di Twitter bahwa nilai perusahaan bisa sepuluh kali lebih besar dalam dua tahun ‘berdasarkan lintasan’ selama dua tahun sebelumnya.

Bukan hanya Cole yang mendorong narasi bahwa semua baik-baik saja di dunia Indeks Sepak Bola. Perusahaan itu berulang kali menyebutkan rencana untuk memperluas ke pasar Jerman, membuat banyak orang menganggap semuanya baik-baik saja. Pernyataan berbicara tentang ‘dasar dasar proposisi dan platform sekarang lebih kuat dari sebelumnya dan pembaruan pada tanggal 15 November 2020 mengatakan, “Kami belum pernah berada dalam posisi keuangan yang lebih kuat dari hari ini.”

Perusahaan itu bahkan ingin berkembang baru-baru ini pada Januari 2021, memasang iklan untuk seorang insinyur perangkat lunak yang menjanjikan gaji lebih dari £ 90.000 setahun. Semakin umum pesan tersebut diungkapkan, semakin banyak pengguna di situs yang menggelontorkan lebih banyak uang ke dalamnya, gagal untuk menyadari bahwa segala sesuatunya tidak seperti yang terlihat di balik layar. Ini terlepas dari pernyataan perusahaan dalam tanggapan layanan pelanggan bahwa mereka memiliki ‘cadangan uang tunai yang besar’.

Facebook Comments

Posted in Tips & Trik